Susunan kulit

Susunan Lapisan Litosfer atau Kulit Bumi

Pigmen ini bertugas melindungi materi genetik dari sinar matahari, sehingga materi genetik dapat tersimpan dengan baik. Untuk mendukung fungsi kulit sebagai penerima stimulus, maka terdapat banyak ujung saraf, antara lain di epidermis, folikel rambut, kelenjar kutan, jaringan dermis dan subkutis, serta papila dermis.

Melanosit sendiri berada di antara sel-sel basal dan memiliki juluran ke sel-sel di atasnya. Papila dermis tersebut mengandung kapiler dan ditutupi oleh sel-sel yang akan membentuk korteks rambut, kutikula rambut, dan sarung akar rambut.

Kelenjar keringat apokrin terdapat di daerah susunan kulit, payudara dan pubis, serta aktif pada usia pubertas dan menghasilkan sekret yang kental susunan kulit bau yang khas.

Kelenjar keringat apokrin bekerja ketika ada sinyal dari sistem saraf dan hormon sehingga sel-sel mioepitel yang ada di sekeliling kelenjar berkontraksi dan menekan kelenjar keringat apokrin. Serat-serat kolagen ini disebut juga jaringan penunjang, karena fungsinya dalam membentuk jaringan-jaringan kulit yang menjaga kekeringan dan kelenturan kulit.

Sel kelenjar ini mudah rusak dan sifatnya alkali sehingga dapat menimbulkan bau. Kelenjar keringat apokrin, memiliki ukuran lebih besar mm dari kelenjar keringat merokrin. Tebalnya bervariasi, yang paling tebal pada telapak kaki sekitar 3 mm. Pada stratum basal terjadi aktivitas mitosis, sehingga stratum ini bertanggung jawab dalam proses pembaharuan sel-sel epidermis secara berkesinambungan.

Stratum Lucidum, terdiri atas lapisan tipis sel epidermis eosinofilik yang sangat gepeng, dan sitoplasma terdri atas keratin padat. Faktor lain yang menyebabkan kulit berkerut yaitu faktor usia atau kekurangan gizi.

Perlu diperhatikan bahwa luka yang terjadi di kulit jangat dapat menimbulkan cacat permanen, hal ini disebabkan kulit jangat tidak memiliki kemampuan memperbaiki diri sendiri seperti yang dimiliki kulit ari. Fungsi pengaturan suhu tubuh termoregulasi Kulit berkontribusi terhadap pengaturan suhu tubuh termoregulasi melalui dua cara: Sel-sel pada lapisan taju normal, tersusun menjadi beberapa baris.

Susunan kulit manusia

Dari fungsi ini tampak bahwa kolagen mempunyai peran penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Litosfer kulit bumi terdiri atas lapisan sial dan lapisan sima.

Wasitaatmadja, Kerak benua, merupakan benda padat yang terdiri atas batuan beku granit pada bagian atasnya dan batuan beku basalt pada bagian bawahnya.Kulit tersusun atas tiga lapisan, yaitu lapisan kulit terluar biasa disebut lapisan ari atau epidermis, di bawah lapisan ari adalah lapisan jangat atau dermis, dan lapisan terdalam dari kulit adalah lapisan lemak atau hypodermis.

Secara skematik, susunan dan anatomi kulit dapat dilihat pada gambar dibawah. Kulit mempunyai bagian anatomi yang sangat kompleks.

Struktur Anatomi Dan Fungsi Kulit Manusia

Sebagai bagian terluar, kulit secara terus-menerus memperbaiki diri, agar fungsinya sebagai pertahanan pertama dari dunia lingkungan luar dapat berjalan dengan baik.

Lapisan kulit bumi sering disebut litosfer. Litosfer berasal dari kata litos berarti batu dan sfer/sphaira berarti bulatan.

STRUKTUR KULIT MANUSIA

Litosfer merupakan lapisan batuan atau kulit bumi yang mengikuti bentuk bumi yang bulat dengan ketebalan ± km. · Kulit jangat sering disebut kulit sebenarnya dan 95 % kulit jangat membentuk ketebalan kulit.

Ketebalan rata-rata kulit jangat diperkirakan antara 1 – 2 mm dan yang paling tipis terdapat di kelopak mata serta yang paling tebal terdapat di telapak tangan dan telapak kaki. Susunan dasar kulit jangat dibentuk oleh serat-serat, matriks interfibrilar yang menyerupai selai dan sel-sel.5/5(3).

· Susunan kulit manusia Kulit manusia tersusun atas dua lapisan, yaitu epidermis dan dermis. Epidermis dan dermis dapat terikat satu sama lain 4,5/5. Susunan kulit manusia Kulit manusia tersusun atas dua lapisan, yaitu epidermis dan dermis. Epidermis dan dermis dapat terikat satu sama lain akibat adanya papilare dermis dan rabung epidermis.

EMBRIOLOGI SUSUNAN KULIT
Susunan kulit
Rated 3/5 based on 21 review